Pembelajaran Daring pada Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar

Authors

  • Noviea Varahdilah Sandi

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.641

Keywords:

Pembelajaran Daring, Belajar, SBdP

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa sekolah dasar dalam proses belajar dimasa pademi Covid-19. Bahan penelitian merupakan mata pelajaran SPdP. Subjek dalam penelitian ini adalah guru serta siswa Sekolah Dasar di beberapa wilayah Bumiayu Kabupaten Brebes dan beberapa Sekolah Dasar di wilayah Bandung Selatan guna mendapatkan hasil penelitian yang diharap terkait proses pembelajaran daring dimasa pademi saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi hasil pencapain karya yang telah ditulis. Dari hasil temuan bahwa pada masa pademi saat ini adapun siswa yang tidak mendapatkan materi pada pembelajaran SBdP, Proses pembelajaran SBdP memiliki banyak kendala baik terkait jaringan maupun kuota sehingga siswa perlu meminjam handphone agar dapat mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas, orang tua murid ikut andil membantu proses belajar secara daring, pembelajaran SBdP dimasa pademi guru memberikan tugas dengan menggunakan aplikasi whatsaap dan memberikan contoh materi menggunakan youtube, pembelajaran SBdP menggunakan dua metode pembelajaran manual dan online.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Sandi, N. V. (2020). Pembelajaran Daring pada Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 46–55. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.641