Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN melalui Model Pembelajaran SNowball Throwing bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Siti Nurkhayati

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.646

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, Snowball Throwing

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN bagi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019 /2020; 2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada  materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN bagi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020; dan 3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS pada  materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN dengan digunakanya model pembelajaran Snowball Throwing bagi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam kegiatan pembelajaran IPS Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN dengan sample 31 peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Suradadi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisisnya dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan pendekatan cooperative learning dengan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar IPS materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2019/ 2020; 2) penerapan pendekatan cooperative learning dengan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2019 /2020; dan 3) persentase motivasi belajar siklus I sebesar 59.45% meningkat menjadi 76.81% pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 41,9% dengan nilai rata-rata kelas 63.03 meningkat menjadi 80,65% dengan nilai rata-rata kelas 77,66 pada siklus II.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Nurkhayati, S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN melalui Model Pembelajaran SNowball Throwing bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.646