Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Iman Kepada Qadha dan Qadar melalui Model Think Fair Share dan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Margasari Semester II Tahun 2018/2019

Authors

  • Sri Yuni Asih

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.649

Keywords:

Model Pembelajaran, Think Pair Share, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Iman kepada Qadha dan Qadar melalui model pembelajaran Think Pair Share dan media Audio Visual pada Siswa kelas IX D semester II di SMP Negeri 1 Margasari, untuk mengatasi permasalahan ini peneliti melakukan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 Siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan menggunakan model Think Pair Share. Dari hasil pengamatan hasil belajar siswa menunjukan adanya peningkatan. Hasil belajar siswa dari siklus 1 sebesar 79,50% ke siklus II sebesar 81,63% berarti mengalami peningkatan sebesar 2,13%. Setelah dilakukan analisis hasil belajar siswa dalam mengubah kemampuan hasil belajar, kemampuan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 siswa yang mampu memperoleh nilai ≥ KKM (76) sebesar 66 % menjadi 87 % pada siklus II. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam pada materi Iman kepada Qadha dan Qadar semester II SMP Negeri 1 Margasari tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya, dan guru mata pelajaran lain yang belum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Asih, S. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Iman Kepada Qadha dan Qadar melalui Model Think Fair Share dan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Margasari Semester II Tahun 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 121–128. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.649