Analisis Lagu Nasional di Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Noviea Varahdilah Sandi

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.551

Keywords:

Pendidikan, Lagu Nasional

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji terkait lagu nasional di lingkungan anak Sekolah Dasar. Fokus penelitian ini membahas siswa sekolah dasar yang tidak pandai menyanyikan lagu nasional, lebih menyukai lagu-lagu pop, lagu dangdut dan juga lagu Barat. Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskritif, dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan hasil observasi di lapangan terhadap beberapa siswa Sekolah Dasar yang tidak hafal lagu nasional dan enggan untuk menghafalnya. Subjek dalam penelitian ini adalah lima siswa sekolah dasar dari lima sekolah yang berbeda, serta guru Sekolah Dasar di sekolah berbeda. Penelitian lebih berfokus pada siswa sekolah dasar yang memiliki pemikiran tentang lagu nasional pada zaman saat ini. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis), dengan adanya suatu reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan dengan proses pengumpulan data. Sedangkan hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa sebagaian besar siswa sulit menghafal lagu nasional dikarenakan anak-anak lebih menghafal lagu pop dan lagu Barat, teknologi saat ini menjadi faktor utama dalam membentuk anak menjadi pribadi yang mencintai kebudayaan serta bangsanya sendiri. umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal lagu nasional karena jarang dilatih, dinyanyikan serta kurang adanya keinginan anak untuk menghafal lagu nasional, disamping lain anak-anak lebih menyukai lagu pop, dangdut dan lagu Barat dibandingkan dengan lagu nasional.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Sandi, N. V. (2020). Analisis Lagu Nasional di Lingkungan Siswa Sekolah Dasar: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.551