Implementasi Pendidikan Karakter Islami di Sekolah Dasar Islam Taallumul Huda Bumiayu

Authors

  • Yukhsan Wakhyudi
  • Yusup Wibisono

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.553

Keywords:

Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar Islami, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Pendidikan Karakter Islami di Sekolah Dasar  Islam Taalumul Huda Bumiayu. Pada dasarnya tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana penerapan pendidikan karakter islami di Sekolah Dasar Islam Taalumul Huda Bumiayu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, di mana seluruh aspek dipaparkan secara deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Pendekatan tersebut dipilih karena peneliti menilai dapat mengidentifikasi hakikat pengalaman manusia tentang suatu fenomena tertentu dengan lebih objektif dan proporsional khususnya tentang pendidikan karakter islami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter islami di Sekolah Dasar Islam Taalumul Huda Bumiayu dapat dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu: 1) Tahap Implementasi Pendidikan Karakter Islami di SD Ta’allumul Huda Bumiayu, 2) Bentuk Kegiatan, dan 3) Faktor pendukung dan penghambat. Pada bagian pertama yakni Tahap Implementasi Pendidikan Karakter Islami di SD Ta’allumul Huda Bumiayu memaparkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bagian kedua yakni bentuk kegiatan memaparkan tentang kegiatan kurikuler /intrakurikuler, kegiatan ko-kurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler. Pada bagian ketiga yakni faktor pendukung dan penghambat memaparkan tentang faktor pendukung dan faktor penghambat.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Wakhyudi, Y., & Wibisono, Y. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Islami di Sekolah Dasar Islam Taallumul Huda Bumiayu: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(1), 75–84. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.553