Sistem Pakar Penentuan Tingkat Kecanduan Game Online Pada Anak Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor (Studi Kasus : SDN Pagojengan 03)

Authors

  • Riski Aenun Fadilah Universitas Peradaban
  • Tezhar Rayenda Trastaronny Pastika Nugraha Universitas Peradaban
  • Nurul Mega Saraswati Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/ijir.v4i2.1906

Abstract

Game online merupakan sebuah permainan yang dilakukan secara real time, dimana untuk memainkan membutuhkan perangkat seperti smartphone, PC, ataupun laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Secara umum game online berdampak positif bagi pemain seperti dapat melatih kreativitas dan kerjasama tim. Para pemain seringkali menghiraukan dan tidak menyadari dampak negatif dari bermain game online tersebut, sehingga dapat berdampak pada tingkatan kecanduan. Penelitian ini membuat sebuah sistem pakar untuk menentukan tingkat kecanduan game online menggunakan metode Certainty Factor. Terdapat 9 gejala dimana di setiap gejala mempunyai nilai tingkat keyakinan, yang berfungsi untuk mendapatkan kesimpulan dengan rule yang sudah ditentukan. Sistem pakar ini mempunyai 3 tingkatan kecanduan yaitu tingkat kecanduan rendah, sedang, dan tinggi, dimana setiap tingkatan mempunyai solusi masing-masing. Berdasarkan 90 data sampel yang digunakan, hasil pengujian pada data sampel yang ada menunjukan bahwa tingkat akurasi data dalam penentuan tingkat kecanduan game online yaitu sebesar 81.2%.

 

Kata Kunci : Kecanduan, Game Online, Certainty Factor, Sistem Pakar

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

[1]
R. A. Fadilah, T. R. T. P. Nugraha, and N. M. Saraswati, “Sistem Pakar Penentuan Tingkat Kecanduan Game Online Pada Anak Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor (Studi Kasus : SDN Pagojengan 03)”, ijir, vol. 4, no. 2, Dec. 2023.

Most read articles by the same author(s)