SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI CALON MAHASISWA UNIVERSITAS PERADABAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Authors

  • Teguh Adi Nugroho
  • Nurul Mega Saraswati
  • Khurotul Aeni

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Program Studi, Metode SAW

Abstract

Universitas Peradaban merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Brebes yang tiap tahunnya rutin melaksanakan pemilihan program studi bagi calon mahasiswanya. Pemilihan program studi ini dimaksudkan agar calon mahasiswa dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan minat dan kemampuanya. Proses pemilihan program studi saat ini memiliki kelemahan diantaranya membutuhkan waktu cukup lama dan hasil yang didapat kurang sesuai, terkadang banyak kekeliruan, selain itu unsur subjektifitas cukup tinggi karena kriteria yang digunakan masih sedikit dan kurang relevan. Mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatkan sistem pendukung keputusan untuk membantu bagian kemahasiswaan dalam menentukan pemilihan program studi untuk calon mahasiswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Adapun kriteria yang digunakan adalah Nilai Rata-rata UN, Tes wawancara, Tes Akademik, Angket peminatan dan Piagam. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW mempermudah pengambilan keputusan bagi calon mahasiswa dalam proses pemilihan program studi di Universitas Peradaban.

Downloads

Published

2020-11-07

How to Cite

[1]
T. A. Nugroho, N. M. Saraswati, and K. Aeni, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI CALON MAHASISWA UNIVERSITAS PERADABAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW): Array”, ijir, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, Nov. 2020.

Most read articles by the same author(s)