SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA PENYAKIT TIPES DAN DIABETES MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus : RSUM SA)

Authors

  • Dewi Cintya Oktavia
  • Khurotul Aeni
  • Nurul Mega Saraswati

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, tipes, diabetes, TOPSIS

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang melakukan pendekatan untuk menghasilkan berbagai alternatif keputusan dalam membantu pihak tertentu, serta menangani permasalahan dengan menggunakan data dan model. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat digunakan dalam berbagai instansi, salah satunya adalah RSUM SA. Rumah sakit tersebut membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu ahli gizi dalam menentukan menu makanan yang tepat bagi pasien, karena tenaga dari ahli gizi dirasa masih kurang. Maka dari itu, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem yang mampu memberikan solusi untuk mengatur menu makanan kepada penderita tipes dan diabetes di RSUM SA, secara efektif dan efisien dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pembuatan sistem tersebut berbasis website menggunakan Framework Bootstrap. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan menu makanan bagi penderita diabetes dan tipes.

Downloads

Published

2020-11-07

How to Cite

[1]
D. C. Oktavia, K. Aeni, and N. M. Saraswati, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA PENYAKIT TIPES DAN DIABETES MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus : RSUM SA): Array”, ijir, vol. 1, no. 1, pp. 8–13, Nov. 2020.

Most read articles by the same author(s)