Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

INDONESIAN VERSION

Format

  1. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Kajian Pustaka dan Pengembangan Hipotesis (untuk penelitian kualitatif hanya Kajian Pustaka), Metode Penelitian, Hasil dan Analisis, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka. Ucapan Terima Kasih/Penghargaan (jika ada) diletakkan setelah Kesimpulan dan sebelum Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf ukuran 12 point dengan jarak baris satu pada kertas A4, satu kolom. Kutipan langsung diketik dengan jarak baris satu dan dengan indented style.
  3. Batas atas, batas bawah, batas sisi kiri dan sisi kanan adalah 3 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 20-30 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.
  6. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley atau EndNote dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka.
  7. Naskah harus mengikuti template penulisan naskah JBIMA. Template untuk penulis dapat diunduh di sini.

Sistematika Penulisan Artikel

  1. Judul. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia yang terdiri dari maksimal 13 kata.
  2. Abstrak. Abstrak (Abstract) terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak (Abstract) memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, hasil, dan kesimpulan artikel. Abstrak (Abstract) diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata.
  3. Pendahuluan. Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, dan kontribusi penelitian.
  4. Kajian Pustaka dan Pengembangan Hipotesis. Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis penelitian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya).
  5. Metode Penelitian. Bagian ini memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan teknik analisis.
  6. Hasil dan Analisis. Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  7. Kesimpulan dan Saran. Menyajikan kesimpulan penelitian, keterbatasan penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya.
  8. Ucapan Terima Kasih / Penghargaan. Penulis boleh mencantumkan pernyataan terima kasih atau penghargaan kepada penyandang dana penelitian/pengabdian yang telah membiayai penelitian/pengabdian yang dipublikasikan dalam artikel ini.
  9. Daftar Pustaka. Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.

Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Referensi terhadap tabel atau gambar harus diberikan pada naskah.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  6. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  7. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

Kutipan

  1. Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun dengan koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin, 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono, 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al., 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah, 2001; Kusumawati, 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman, 1998, 2000).
  2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell, 1981, p. 845).
  3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b, ... setelah tahun. Contoh: (Joni, 1999a, 1999b) atau (Joni, 1999a; Daud, 2000b).
  4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: “Alamsyah (1998) menyatakan ....”
  5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya (OJK, 2015).

Referensi

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

Buku

Satu Penulis

Brigham, E. F. (1992). Fundamental of financial management (6th ed). Fort Wort: The Dryden Press.

Dua sampai 4 penulis

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2001). Business research method. New York: Mc Graw Hill.

Guan, L., Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2009). Cost management. Mason: South-Western.

Lebih dari 4 penulis

Booth, W. C., et al. (1995). The craft of research. Chicago: University of Chicago Press.

Penulis Institusi

Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Booklet Perbankan Indonesia. Jakarta: Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan.

Jurnal

Cummins, J. D., & Weiss, M. A. (2014). Systemic risk and the U.S. insurance sector. Journal of Risk and Insurance, 81(3), 489–528.

Kessler, D. (2013). Why (re) insurance is not systemic. Journal of Risk and Insurance, 81 (3), 477–488.

Chiang, T., Tan, L., Li, J., Nelling, E. (2013). Dynamic herding behavior in Pacific-Basin markets: Evidence and implications. Multinational Finance Journal, 17 (3), 165–200.

Website

Australian Bureau of Statistics. (2000). 1996 census of population and housing: Northern (Statistical Division) Queensland. Agustus 19, 2001. http://www.abs.gov.au

Lodewijkx, H. F. M. (2001). Individual-group continuity in cooperation and competition under varying communication conditions. Current Issues in Social Psychology, 6 (12), 166-182. September 14, 2001. http://www.uiowa.edu/~grpproc/crisp/crisp.6.12.htm

Workshop/Seminar

Abbott, K., & Seymour, J. (1997). Trapping the papaya fruit fly in North Queensland. Paper presented at the Australian Entomological Society Conference, Melbourne.

Fitriany, & Sari, D. (2008). Studi atas pelaksanaan PBL dan hubungannya dengan prestasi mahasiswa. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Tesis/Disertasi/Working Paper

Utama, S. (1996). The Association between institutional ownership and trading volume reaction to annual earnings announcements. Ph.D. dissertation, Texas A & M University.

Chambers, D. J. (2003). Earnings persistence and accrual anomaly. Working Paper. The University of Illinois at Urbana-Champaign.

Chan, K., Chan, L., Jegadeesh, N., & Lakonishok, J. (2004). Earnings quality and stock returns. Working Paper. The University of Illinois at Urbana-Champaign.

Catatan Kaki

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki ditempatkan langsung pada halaman yang terdapat nomor superscript.

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) menjadi hak cipta Universitas Peradaban. Untuk tujuan edukatif, isi dari JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Ketua Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen), penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survey atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

Pengiriman Artikel

Artikel harus di-submit secara online melalui laman JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) dengan melakukan proses registrasi terlebih dahulu melalui link Registration. Jika memerlukan bantuan atau informasi terkait proses online submission silahkan bisa ditanyakan lebih lanjut melalui email ke: [email protected] atau [email protected]

Download Author Guidelines (PDF)

Download Template for Authors

 

 

 

 

==============================

JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen)

ISSN 2338-9729 (print)

ISSN 2598-8948 (online)

Contact Person:

Cici Widowati, S.P., M.S.M. (Editor in Chief)
Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Peradaban
Phone: +62 289 432032
Fax: +62 289 430003
 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.