KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RINDU YANG BAIK UNTUK KISAH YANG PELIK KARYA BOY CANDRA

Authors

  • Meti Fitrotunnisa Karina

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v1i2.1000

Keywords:

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan aspek kepribadian tokoh utama dan menemukan nilai pendidikan karakter dalam novel Rindu Yang Baik Untuk Kisah Yang Pelik Karya Boy Candra berdasarkan pendekatan psikologi sastra teori kepribadian Sigmund Freud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebuah novel dengan judul Rindu Yang Baik Untuk Kisah Yang Pelik Karya Boy Candra. Novel ini diterbitkan pada Februari 2021 oleh penerbit Sigi Kata. Berdasarkan hasil penelitian: pertama, diketahui bahwa aspek kepribadian tokoh utama yaitu seorang laki-laki pekerja keras dan seorang gadis ceria yang kemudian kehilangan tawa yaitu Salim dan Birni, mereka menjalin pertemanan dari semenjak duduk di bangku sekolah menengah atas. Aspek kepribadian tokoh dipengaruhi oleh tiga struktur, yaitu id, ego, dan superego. Kedua, nilai pendidikan karakter yaitu mengandung 8 antara lain; nilai toleransi, gemar membaca, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, jujur, tanggung jawab dan kerja keras.

Downloads

Published

2022-04-05