UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA (STUDI KASUS DI SMK YANURIS TONJONG)  

Authors

  • Chamalatul Ilma
  • Tisatun Asri

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v1i2.1003

Keywords:

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis upaya guru dalam membentuk kemandirian siswa SMK Yanuris Tonjong. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian berupa desktiptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan wawancara dan observasi untuk memperoleh data terkait dengan upaya yang dilakukan guru SMK Yanuris Tonjong dalam membentuk kemandirian siswa. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa upaya guru untuk menumbuhkan kemandirian siswa yang meliputi keterampilan menggunakan beberapa strategi pembelajaran, menciptakan suasana belajar, mengintegrasikan pembelajaran kemandirian kepada siswa baik di dalam maupun diluar kelas, dan memberikan contoh konkret. Beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk menumbuhkan kemandirian siswa, yaitu memberi kepercayaan, memberi kebiasaan, melakukan komunikasi, dan menanamkan sikap disiplin kepada siswa. Dalam upaya menumbuhkan kemandirian siswa juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lingkungan, pola asuh, pendidikan, interaksi sosial, dan intelegensi dan kecerdasan.

Downloads

Published

2022-04-05