POTENSI APLIKASI TWITTER DAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAHASA INDONESIA

Authors

  • Indra Rasyid Julianto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v2i2.1416

Abstract

Artikel dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan inovasi pada pembelajaran bahasa Indonesia yang berbantuan dengan media sosial Twitter dan TikTok sebagai media pembelajaran agar pendidik serta peserta didik dapat memanfaatkan arus digitalisasi dalam dunia pendidikan. Era saat ini, dunia pendidikan sudah harus menyesuaikan dengan era digitalisasi dan para guru sudah sewajarnya memiliki keahlian berupa memanfaatkan media-media ajar yang dapat memberikan minat aktif dalam diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif pada kefokusan metodologi penelitian. Terkumpulnya kajian literatur mengenai kedua aplikasi yaitu Twitter dan TikTok.  Twitter merupakan suatu aplikasi yang dapat dijadikan ruang diskusi aktif dalam berbagai topik pembahasan dan merangkul beragam komunitas. Aplikasi TikTok adalah aplikasi berbasis digital yang mengutamakan pengunggahan yang dapat diedit dan sangat dekat dengan kawula muda. Ragam fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru pada pengaplikasian kedua media tersebut dapat berintegrasi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi-kompetensi dasar pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII dan IX dapat terintegrasikan melalui kedua aplikasi tersebut. Peneliti juga mengharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam pelaksanaan kegiatan maupun penelitian berikutnya.

 

Kata kunci: Twitter, TikTok, Media Pembelajaran Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2023-03-20