CITRA PEREMPUAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN SEPASANG MATA DINAYA YANG TERPENJARA KARYA NI KOMANG ARIANI

Authors

  • Amanda Nurul Istiqomah Universitas Peradaban
  • Puji Anah Universitas Peradaban
  • Moh. Shofiudin Shofi Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i1.1691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam cerpen "Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara" karya Ni Komang Ariani. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi lima ketidakadilan gender dalam cerpen "Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara" karya Ni Komang Ariani. Kelima ketidakadilan gender yang dimaksud adalah marginalisasi, subordinasi, stereotip, violence (kekerasan) dan beban kerja berlebih. Kedudukan Dinaya tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki, meski mengenyam pendidikan tinggi, Dinaya tidak bisa banyak bergerak karena kondisinya yang dipenjara. Nilai pendidikan karakter dalam cerpen “Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara” karya Ni Komang Ariani mengandung nilai kemandirian dan nilai kerja keras.

Kata kunci: Citra Perempuan, Pendidikan Karakter, Cerpen

Downloads

Published

2023-12-01