CITRA PEREMPUAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN SEPASANG MATA DINAYA YANG TERPENJARA KARYA NI KOMANG ARIANI
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i1.1691Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam cerpen "Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara" karya Ni Komang Ariani. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi lima ketidakadilan gender dalam cerpen "Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara" karya Ni Komang Ariani. Kelima ketidakadilan gender yang dimaksud adalah marginalisasi, subordinasi, stereotip, violence (kekerasan) dan beban kerja berlebih. Kedudukan Dinaya tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki, meski mengenyam pendidikan tinggi, Dinaya tidak bisa banyak bergerak karena kondisinya yang dipenjara. Nilai pendidikan karakter dalam cerpen “Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara” karya Ni Komang Ariani mengandung nilai kemandirian dan nilai kerja keras.
Kata kunci: Citra Perempuan, Pendidikan Karakter, Cerpen