EVALUASI RANAH KONGNITIF PADA SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) DI SMK ISLAM AL MADINA PAGUYANGAN

Penulis

  • Intan Noviyanti Universitas Peradaban
  • Suci Septiani Universitas Peradaban
  • Fitri Nur Ameliya Universitas Peradaban
  • Ghulam Arif Rizal Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i2.1843

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal Sumatif Akhir Semester (SAS) semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan data Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X TJA (Teknik Jaringan Akses) di SMK Islam Al Madina Paguyangan. Penyempurnaan lainnya juga dapat dilakukan pada standar penilaian, dengan cara mengadaptasi secara bertahap melalui model-model pembelajaran. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu para peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Karena melalui berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk dapat berpikir secara luas dan lebih mendalam mengenai mater pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas soal Sumatif Akhir Semester (SAS) semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan data mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X TJA (Teknik Jaringan Akses) di SMK Islam Al Madina Paguyangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap penyelesaian soal high order thinking dalam segala aspek.  Siswa dikategorikan mampu menyelesaikan soal-soal high order thinking.

Kata kunci: kongnitif, HOTS, soal

Diterbitkan

2024-03-22