EVALUASI TINGKAT KESUKARAN SOAL PADA BUKU PAKET BAHASA INDONESIA DI SMK MUHAMADIYAH PAGUYANGAN

Penulis

  • Silviana Awaliyah Universitas Peradaban
  • Amanda Qori Ifadakh Universitas Peradaban
  • Eliana Diah Safitri Universitas Peradaban
  • Cintya Nurika Irma Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i2.1844

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara komprehensif mengenai dengan evaluasi kesukaran soal pada buku paket bahasa Indonesia di SMK Muhamadiyah Paguyangan. Sumber data dari penelitian ini adalah buku paket bahasa Indonesia, salah satu guru dan siswa kelas 10 RPL 1 sebagai objek yang akan diwawancarai. Data penelitian ini berupa butiran soal yang ada pada buku paket bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif bersangkutan dengan menafsirkan dan menguraikan data. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini juga menggunakan teknik Triangulasi sumber yaitu menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara memeriksa data yang sudah diperoleh melalui berbagai sumber sehingga adanya hasil kesimpulan dari penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan 2 teknik yaitu teknik simak dan catat. Adapun teknik pengumpulan data lainnya berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana butiran soal pada buku paket bahasa Indonesia di SMK Muhamadiyah Paguyangan.

Kata kunci: Evaluasi, Kesukaran Soal, Buku Paket Bahasa Indonesia

Diterbitkan

2024-03-22