ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI DAN FONOLOGI PADA TEKS EDITORIAL PESERTA DIDIK KELAS XII SMKS MA’ARIF 2 GOMBONG

Penulis

  • Ghadis Tiranita Universitas Sebelas Maret
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret
  • Ari Suryawati Secio Chaesar Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i2.1848

Abstrak

Bahasa adalah salah satu hal penting dalam kehidupan. Keberedaan bahasa menjadi media bagi manusia untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran, dan penghubung interaksi. Dalam dunia pendidikan, bahasa bukanlah hal yang asing. Pada kegiatan pembelajaran tentu banyak hal yang membutuhkan bahasa. Dalam kehidupan, bahasa tidak hanya digunakan secara lisan, melainkan digunakan secara tulisan pula. Pada saat kegiatan menulis, baik secara resmi maupun tidak resmi, maka tidak jarang ditemukan adanya kesalahan. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis salah satu karya peserta didik kelas XII, di SMKS Ma’arif 2 Gombong. Teks yang dianalisis berupa teks editorial. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Tuturan yang digunakan dalam analisis ini adalah tuturan fonologi dan morfologi. Hasil penelitian ini berupa ditemukannya 20 kosa kata yang tidak sesuai kaidah. Terdapat 60% atau 12 kosa kata yang mengalami kesalahan penulisan berdasarkan tuturan morfologi dan mengalami hal yang sama, yakni ditemukan sebesar 60% atau 12 kosa kata yang mengalami kesalahan penulisan berdasarkan tuturan fonologi.

 

Kata kunci: Bahasa, kesalahan morfologi, kesalahan fonologi, kaidah kebahasaan

Diterbitkan

2024-03-22