ANALISIS TAKSONOMI BLOOM DAN KESUKARAN PADA BUTIR SOAL DI SD MA’ARIF NU 01 PANDANSARI

Penulis

  • Dita Tri Esti Maharani Universitas Peradaban
  • Ahmad Arifin Universitas Peradaban
  • Nela Puspita Universitas Peradaban
  • Rahmany Hidayat Universitas Peradaban
  • Cintya Nurika Irma Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpbsi.v3i2.1850

Abstrak

Evaluasi merupakan proses penggunaan informasi untuk membuat pertimbangan seberapa efektif sebuah program telah memenuhi kebutuhan siswa. Dalam penelitian ini penulis meneliti mengenai analisis taksonomi bloom dan kesukaran pada butir soal. Tingkat kesukaran tersebut terdapat pada 2 soal, yaitu nomor 3 dan 9 ditolak dan 28 soal diterima karena tiap butir soalnya dapat dijawab dengan benar oleh sebagian besar siswa. Peneliti mewawancarai narasumber dan mengobservasi pelaksanaan program di SD Ma’arif NU 01 Pandansari. Program pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Apabila hasil belajar siswa lebih dari patokan yang telah ditentukan maka program pembelajaran dapat dikatakan sudah berhasil. Dan sebaliknya apabila hasil belajar belum dapat mencapai patokan yang diterapkan maka dapat dikatakan program pembelajaran belum berhasil.

Kata Kunci: Analisis Taksonomi Bloom, Kesukaran Butir Soal

Diterbitkan

2024-03-22