SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ ANSWER DIS-CUSS EXPLAIN AND CREATE) DI SEKOLAH DASAR

  • Dwi Hesty Kristyaningrum
  • Stevina Virgo Sabrina
  • Winarto Winarto
Keywords: RADEC, Sekolah Dasar, Systematic Literature Review

Abstract

Perlunya sebuah inovasi dalam pembelajaran yang harus dilakukan guru untuk mencapai tujuan hasil pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait efektivitas model RADEC (read-answer-discuss-explain-create) di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait model pembelajaran RADEC (read-answer-discuss-explain-create) yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 23 artikel jurnal. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa model pembelajaran RADEC; (1) memberi pengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, sehingga mengembangkan beberapa potensi siswa terhadap keterampilan abad 21 (berpikir kritis, solusi dari permasalahan, kolaborasi, hubungan dan kreatif), (2) meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, (3) meningkatkan kesadaran literasi budaya dan literasi lingkungan siswa, (4) meningkatkan kemampuan menulis teks eskplanasi dan teks penjelasan, (5) meningkatkan pemahaman atau penguasaan konsep materi pelajaran, (6) meningkatkan keterampilan kesadaran keberlanjutan siswa secara efektif. Sehingga, model pembelajaran RADEC (read-answer-discuss-explain-create) efektif diterapkan disekolah dasar.

Published
2022-08-22
Section
Articles