PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS SOAL CERITA

Authors

  • Silvia Silvia
  • Eka Farida Fasha

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.228

Keywords:

soal cerita, aktivitas, pemecahan masalah

Abstract

             Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran matematika berbasis soal cerita, soal cerita yang disajikan merupakan soal yang memuat cerita-cerita yang dialami dikehidupan sehari-hari, hal ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah memahami isi dari soal tersebut. Permasalahan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal cerita kebanyakan siswa terjebak dengan bahasa yang sulit dimengerti sehingga maksud dari soal tersebut tidak dimengerti oleh siswa. Uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji t, regresi linear sederhana,uji ketuntasan rerata dan uji ketuntasan proposi. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran berbasis soal cerita dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taraf signifikan  menyatakan bahwa rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa  pada pembelajaran matematika berbasis soal cerita lebih baik dari rata – rata  kemampuan pemecahan masalah pembelajaran ekspositori. ada pengaruh dari aktivitas pada pembelajaran matematika berbasis soal cerita dan terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Published

2018-03-26