PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS KOMUNIKATIF

Authors

  • Yukhsan Wakhyudi
  • Mulasih Mulasih

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.308

Keywords:

Menulis, Puisi, Pembelajaran Kreatif,, Komunikatif

Abstract

                Menulis puisi merupakan salah satu materi yang disajikan dalam pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan dalam Kurikulum 2013 yaitu kegiatan menulis puisi bertujuan menggali dan mengembangkan kompetensi dasar murid, yakni kompetensi menulis kreatif puisi. Menulis merupakan keterampilan peserta didik yang bermula dari perasaan, maka dengan menyentuh perasaanya dan representasi dari perasaan adalah bentuk ekspresif dan imajinasi. Namun, dalam kenyatannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Oleh karena itu dalam hal perlu adanya peran guru dalam menerapkan suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan kreatif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu melalui model pembelajaran kreatif berbasis konunikatif. Pembelajaran aktif kreatif berbasis komunikatif ini mendasarkan pada kreativitas guru dalam membangun komunikasi dengan siswa dan lingkungan pembelajaran. Pendekatan komunikasinya bersifat terpadu-tematik, yang mengikat keempat keterampilan berbahasa dalam satu tema tertentu seperti yang sudah ditentukan kurikulum.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles