PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.310Keywords:
Pembelajaran, seni, tari tradisionalAbstract
Penelitian ini mengkaji terkait proses pembelajaran seni tari tradisional di lingkungan Sekolah Dasar yang meranah pada karakter siswa dan siswi melalui bakat yang dimiliki dan dapat diasah serta dikembangkan dalam pembelajaran tari tradisional Jawa Barat. Pembelajaran seni tari yang dilaksanakan merupakan pelatihan dan proses belajar dalam waktu tiga minggu guna memenuhi bahan penelitian. Tujuan dari pembelajaran ini adalah mengajak siswa dan siswi untuk berperan aktif mengembangkan tarian tradisional di lingkungan Jawa Barat, selain hal tersebut tujuan dari penelitian ini mengenalkan tarian tradisional di Sekolah Dasar. Desain dalam tulisan ini mengunakan penelitian kualitatif, serta metode yang diambil dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif, dimana akan mengkaji serta mendeskripsika pembelajaran seni tari melalui proses pembelajaran dan akhir pencapaian dalam mengembangkan kreativitas siswa dan siswi dalam pelatihan seni tari tardisional Jawa Barat. Subjek dalam penelitian ini berfokus kepada siswa dan siswi kelas III di SD Negeri Generasi Muda 01 Ciheulang Ciparay Bandung. Hasil penelitian ini menujukkan siswa dan siswi mempunyai potensi besar dalam mengembangkan tarian tradisional Jawa Barat, siswa dan siswi sanga aktif, serta semangat dalam pembelajaran yang dilaksanakan selama tiga minggu. Kesuksesan dalam penerapan metode pembelajaran seni tari membawa siswa dan siswi menyukai tarian tradisional dan menghargai kesenian budaya Jawa Barat.