SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yuni Selvianovi
  • Winarto Winarto

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i2.822

Keywords:

Media, Video Animasi, Systematic Literature Review

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak diajarkan sebagai mata pelajaran, tetapi akan menjadi penunjang bagi sarana pembelajaran pada mata pelajaran lainnya, jadi dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah inovasi untuk menunjang pembelajaran agar pembelajaran tidak membosankan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan memanfaatkan perkembangan TIK. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan yaitu melalui media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan untuk membangun semangat dan motivasi belajar peserta didik yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan pengguna media video animasi di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan merevieu semua artikel terkait media video animasi   yang diterbitkan dalam kurun waktu 2014-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 29 artikel yang diperoleh dari Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran video animasi sangat layak digunakan pada proses pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar. Hal ini karena dalam menggunakan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan pemahaman, keaktifan, motivasi, minat, kemampuan/keterampilan dan hasil belajar peserta didik.

 

Downloads

Published

2021-09-12

Issue

Section

Articles