MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK MENGENAL BERBAGAI BENTUK ENERGI, MANFAATNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DIKELAS I SEMESTER 2 SDN KERTAHARJA 01 KECAMATAN PAGERBARANG KAB

Authors

  • Endang Lestari

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.515

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Example Non Example

Abstract

Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Example Non Examplei dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada mata pelajaran IPA pokok Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas I SDN Kertaharja 01 semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Examplei dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri Kertaharja 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa,.Penelitian ini berlangsung selama 5 bulan mulai bulan februari 2016 sampai dengan bulan Juni 2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Kertaharja 01 Semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Example Non Examplei dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 76,8 dan pada siklus 2 mencapai 92 naik sebesar 15,2. Ketuntasan klasikal siklus 1 mencapai 60 % siklus 2 mencapai 96 % naik sebesar 36 %. Kesimpulan: Melalui model pembelajaran Example Non Examplei dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-03-04

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.