MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Titi Budi Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.517

Keywords:

kemampuan Menulis Puisi, pendekatan kontekstual, kelas III SD Negeri 1 Gumiwang

Abstract

Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Puisi dengan menggunakan Pendekatan kontekstual ( Studi tindakan di kelas 3 SD Negeri 1 Gumiwang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga tahun 2016/2017). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah(1)meningkatakan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam kemampuan menulis puisi.(2) Memperbaiki pembelajaran melalaui pendekatan kontekstual sehingga kemampuan menulis puisi meningkat. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri 1 Gumiwang tahun 2016/2017 yanag berjumlah 26 siswa. Keseluruhan siswa dijadikan sampel atau objek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menujukan bahwa (1)Penerapan pembelajaran kontekstual dalam proses pembelajaran menulis puisi di kelas III SD Negeri 1 Gumiwang mampu memberikan pembelajaran yang bermakna dengan peningkatan motivasi belajar siswa dalam KBM di setiap kegiatan siklus. (2) Penerapan Pembelajaran kontekstual dapat meningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri 1 Gumiwang. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi pembelajaran pada kegiatan siklus pertama dan kedua yang menujukan peningkatan prestasi belajar secara signifikan.

Downloads

Published

2020-03-04