INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yukhsan Wakhyudi
  • Mulasih Mulasih

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.520

Keywords:

Membaca, Pendidikan Karakter, Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran membaca di Sekolah Dasar dinilai sangat penting. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pembelajaran membaca tidak hanya berperan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari mata pelajaran yang lainnya. Akan tetapi faktanya, pembelajaran membaca masih dilaksanakan sebatas kepentingan praktis belaka yaitu siswa dapat menjawab pertanyaan beradasarkan isi teks bacaan. Rendahnya kemampuan efektif membaca siswa di sekolah merupakan gambaran kegagalan pembelajaran membaca yang dilakukan di sekolah. Kegagalan ini disebabkan karena berbagai pokok pembahasan membaca tidak disertai dengan strategi membaca yang dapat digunakan untuk mendekati wacana tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu konsep pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu berisi serangkaian kegiatan yang mengarah pada penumbuhan karakter. Pendidikan karakter dapat diinternalisasikan ke dalam semua mata pelajaran termasuk dalam pembelajaran bahas Indonesia. Pengintegrasian dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca dapat dilakukan melalui penciptaan pembelajaran membaca yang berlandaskan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Downloads

Published

2020-03-04