PERAN IBU YANG BEKERJA DI KAWASAN INDUSTRI BREBES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Didik Tri Setiyoko
  • Diah Sunarsih
  • Neni Wihandani

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.680

Keywords:

Peran ibu bekerja, Kawasan Industri Brebes, Pendidikan anak

Abstract

Dengan adanya kawasan industri brebes banyak ibu rumah tangga yang kemudian aktif dalam area publik sebagai pencari nafkah seperti kaum laki-laki Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor ibu bekerja, peran ibu pada Pendidikan anak, dan dampak prestasi belajar pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pemaparan deskriptif den pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) faktor yang mendorong ibu rumah tangga bekerja adalah: faktor ekonomi, tanggungan hutang, kejenuhan/depresi dan menyiapkan biaya Pendidikan anak. Ibu yang memilih bekerja berimplikasi pada peran ganda yang kemudian menyebabkan adanya perubahan sosial. Perubahan dalam tipe ini bersifat gradual (bertahap) dan tidak terlalu banyak unsur-unsur baru maupun unsur-unsur yang hilang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ibu yang bekerja masih bisa menjalankan peran terhadap Pendidikan anak namun tidak dapat menjalankan secara maksimal. (2) Peran ibu pada Pendidikan anak memiliki beberapa indikator, diantaranya: menyiapkan makanan menyiapkan, keperluan sekolah mengadakan konsultasi, sumber belajar, berdialog dengan anak, dan memberi ganjaran atau balikan kepada anak. (3) Dampak dari ibu yang bekerja terhadap prestasi belajar anak dalam penelitian ini ditemukan adanya ketidakstabilan dalam prestasi anak dan bahkan cenderung menurun.

Downloads

Published

2021-03-05

Issue

Section

Articles