PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Authors

  • Via Mustika Sari Universitas Peradaban
  • Dwi Hesty Kristyaningrum Universitas Peradaban
  • Muhammad Shofi Mubarok Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.982

Keywords:

Blended learning, Google classroom, Hasil dan Kemandirian Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Besarnya pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap hasil belajar sebesar 93,4% dan besaran pengaruh model pembelajaran blended learning pendekatan saintifik berbasis google classroom terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 95,4%.

Downloads

Published

2022-02-24

Issue

Section

Articles