PENINGKATAN KREATIVITAS MENULIS ARTIKEL ILMIAH POPULER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL)

Authors

  • Ririn Setyorini

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v10i1.522

Keywords:

inquiry based learning, IBL, kreativitas menulis, artikel ilmiah populer

Abstract

Artikel ilmiah populer merupakan suatu cara untuk dapat meluangkan ide dan kreativitas seseorang berdasarkan hasil temuan dengan menggunakan bahasa yang lebih santai sehingga dapat lebih mudah dibaca oleh masyarakat umum. Namun, hal tersebut tidak mudah dilakukan mengingat artikel ilmiah populer memerlukan skill menulis yang baik dalam mengembangkan kosa kata mau pun tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pendekatan inquiry based learning (IBL) dapat membantu meningkatkan kreativitas menulis artikel ilmiah populer mahasiswa. Penelitian ini didasari pada permasalahan kemampuan mahasiswa PBIN Universitas Peradaban dalam tugas menulis artikel ilmiah populer/ artikel opini pada surat kabar yang belum mencapai 80%.

Downloads

Published

2020-03-04