UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENAFSIRKAN SAJIAN DATA MELALUI PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JEMBAYAT 02 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • S Setyowati

Keywords:

activity, learning result, application of Drill learning method

Abstract

Abstrak

 

Tujuan Penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI Semester II di SDN Jembayat 02 Kecamatan Margasari tahun pelajaran 2015/2016 dengan diterapkannya metode pembelajaran Drill. Penelitian merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 6 bulan, dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil evaluasi belajar siswa dilakukan melalui tes pada akhir siklus. Observasi terhadap aktivitas siswa dalam pelaksanaan siklus I diperoleh nilai 63 dengan persentase 71,59% berada pada kriteria aktif, dan pada siklus II diperoleh nilai 78 dengan persentase 88,64% berada pada kriteria sangat aktif. Hasil penelitian evaluasi siswa kelas VI pada saat pra siklus diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 53,85% (12 siswa), setelah dilakukan tindakan kelas hasil tes siswa pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 57,69% (15 siswa), dan pada siklus II ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 80,77% (21 siswa). Penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Drill dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mateka dengan materi Pengolahan Data pada siswa kelas VI SD Negeri Jembayat 02 Semester II tahun pelajaran 2015/2016.

 

Abstract

 

The propose of the study is to improve the activity and learning result of students of class VI  on the second Semester at SDN Jembayat 02 Margasari District in the academic year 2015/2016 with the application of Drill learning method. The research is a type of Classroom Action Research (PTK) conducted for 6 months, implemented in 2 cycles. The result of student learning evaluation is done through the test at the end of cycle. Observation on the activity of students in the implementation of cycle I  is obtained value 63 with percentage of 71,59% are on active criterion, and in cycle II is obtained value 78 with percentage 88,64% are in very active criteria. The result of the evaluation of the students of class VI at the time of pre cycle is obtained classical completeness 53,85% (12 students), after class action result of student test in cycle I of classical completeness is obtained 57,69% (15 students), and on cycle II classical acquired is 80.77% (21 students). This study is obtained the conclusion that by using the method of learning Drill can improve the activity and mathematical learning result with Data Processing materials on students of class VI SD Negeri Jembayat 02 Semester II in the academic year 2015/2016.

 

 

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Setyowati, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENAFSIRKAN SAJIAN DATA MELALUI PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JEMBAYAT 02 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 24–35. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/279

Issue

Section

Articles