DESAIN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Selly Erawati Sudarja
  • Neneng Aminah
  • Wahyu Hartono

Keywords:

Didactical Design Research (DDR), learning obstacle, Kemampuan Komunikasi Matematis, Transformasi Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matematis pada materi transformasi geometri untuk kelas XI SMA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Didactical Design Research (DDR). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 8 Kota Cirebon untuk implementasi bahan ajar dan identifikasi learning obstacle 20 siswa kelas XI MIPA SMA N 8 Kota Cirebon untuk identifikasi learning obstacle dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 learning obstacle terkait materi transformasi yang  telah ditemukan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh lima ahli diantaranya tiga dosen FKIP matematika Unswagati dan dua guru matematika SMAN 8 Kota Cirebon memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar  dengan interpretasi sangat valid menyebabkan bahan ajar dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Pada tahap metapedadidaktik peneliti melakukan implementasi bahan ajar dengan tujuan untuk mengetahui respons pengguna dengan uji praktikalitas untuk seorang guru matematika kelas XI MIPA 1 dan siswa  kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 siswa. Rata-rata uji praktikalitas guru sebesar  dengan interpretasi sangat praktis. Sedangkan rata-rata uji praktikalitas siswa sebesar dengan interpretasi sangat praktis. Selain itu, pada tahap retrosfektif menunjukan berkurangnya learning obstacle siswa setelah pembelajaran dengan modul dan hasil analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang dihitung dengan menggunakan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan data pretest diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 27,14. Sedangkan untuk hasil postest diperoleh nilai rata-rata 71,67. Adapun rata-rata peningkatan dengan uji gain pada kelas tersebut adalah  dengan interpretasi sedang. Hal ini berarti terdapat peningkatan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan modul transformasi geometri yang dibuat oleh peneliti.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Sudarja, S. E., Aminah, N., & Hartono, W. (2018). DESAIN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 120–139. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/344