Metode Outdoor Learning dengan Media Visual pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Aldila Rodita
  • Isnani Isnani
  • Wikan Utami

Keywords:

Aktivitas Belajar Siswa, Keterampilan Komunikasi Matematika, di luar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi matematis dan aktivitas siswa yang selama ini dipikirkan dengan metode pembelajaran luar ruang dengan media visual dalam proses pembelajaran matematika aritmatika sosial kelas VII SMP N 13 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan tes, pengambilan gambar, observasi, dan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas A dan kelas B. VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Penulis mendapatkan hasil bahwa keterampilan komunikasi matematis siswa mencapai 55% artinya lebih besar dari standar sekolah, aktivitas siswa mencapai 75%, artinya aktivitas tersebut memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi matematis. Keterampilan siswa yang telah dicapai dengan menggunakan pembelajaran di luar ruangan dengan media visual lebih baik daripada metode konvensional.

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Rodita, A., Isnani, I., & Utami, W. (2020). Metode Outdoor Learning dengan Media Visual pada Pembelajaran Matematika: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/526