Metode Outdoor Learning dengan Media Visual pada Pembelajaran Matematika

  • Aldila Rodita Pendidikan Matematika Unversitas Pancasakti
  • Isnani Isnani Pendidikan Matematika Unversitas Pancasakti
  • Wikan Utami Pendidikan Matematika Unversitas Pancasakti
Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Keterampilan Komunikasi Matematika, di luar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi matematis dan aktivitas siswa yang selama ini dipikirkan dengan metode pembelajaran luar ruang dengan media visual dalam proses pembelajaran matematika aritmatika sosial kelas VII SMP N 13 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan tes, pengambilan gambar, observasi, dan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas A dan kelas B. VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Penulis mendapatkan hasil bahwa keterampilan komunikasi matematis siswa mencapai 55% artinya lebih besar dari standar sekolah, aktivitas siswa mencapai 75%, artinya aktivitas tersebut memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi matematis. Keterampilan siswa yang telah dicapai dengan menggunakan pembelajaran di luar ruangan dengan media visual lebih baik daripada metode konvensional.

Published
2020-03-17