ANALISIS KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA

  • Reni Aliyah Azzah Universitas Pancasakti Tegal
  • Wikan Budi Utami Universitas Pancasakti Tegal
  • Rizqi Amaliyakh Sholikhah Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Soal Matematika

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untukĀ  untuk mendeskripsikan ketercapaian tujuan pembelajaran yang dicapai siswa dalam penyelesaian soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Tegal Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 14 Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket ketercapaian tujuan pembelajaran, tes ketercapaian tujuan pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa (1) tidak semua siswa kategori tinggi dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori tinggi pada penelitian ini pada jawaban tes nya kebanyakan kurang menguasai IDK 4 yaitu kemampuan komunikasi matematis, (2) tidak semua siswa kategori sedang dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori sedang pada penelitian ini lemah pada soal matematika materi peluang yang jawabannya mengkombinasikan rumus antara materi peluang dan materi lain. Siswa kategori sedang juga kurang menguasai IDK 4 yaitu kemampuan komunikasi matematis (kurang mendata tabel pelemparan dadu maupun keping uang logam serta kurang menggambar diagram venn), (3)semua siswa kategori rendah hampir tidak dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori rendah kebanyakan lemah pada IDK 3, IDK 4 dan IDK 5.

Published
2022-01-05
Section
Articles