PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Authors

  • Ummi Afifah
  • Sofri Rizka Amalia

Keywords:

Bahan Ajar, Eliciting Activities, Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar berupa modul model eliciting activities dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Asy-Syifa Padaherang dengan subjek siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi, angket respon dan tes soal. Bahan ajar berupa modul yang dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi mencapai skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,7 dengan kriteria penilaian “Sangat Valid†dan ahli media mencapai skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,6 dengan kriteria penilaian “Sangat Validâ€. Hasil uji coba lapangan, berdasarkan uji ketuntasan hasil belajar siswa didapat rata-rata nilai 81,83 dengan presentase ketuntasan melampaui 75% sehingga dikatakan efektif dan hasil dari penyebaran angket respon memperoleh presentase 72,5% dari angket respon guru, serta memperoleh presentase 96,89% dari angket respon siswa termasuk dalam kategori “Sangat Praktisâ€. Kesimpulan bahwa bahan ajar tersebut valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Afifah, U., & Amalia, S. R. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1054