PEMAHAMAN KONSEP ESENSIAL MATEMATIS MELALUI BELAJAR AKTIF PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Authors

  • Eka Farida Fasha

Keywords:

Pemahaman konsep esensial, belajar aktif

Abstract

Ketidaksempurnaan memahami matematika dari seorang guru sedikit banyak akan menyebabkan ketidaksempurnaan pada proses pembelajarannya. Konsep-konsep matematika tersusun secara hirarki yang berarti bahwa dalam mempelajari matematika konsep sebelumnya yang menjadi prasyarat harus benar-benar dikuasai agar dapat memahami konsep konsep selanjutnya yang berkaitan. Konsep esensial Matematika merupakan materi matematika  sekolah yang dipelajari oleh siswa-siswa di sekolah. bahwa pemahaman konsep esensial matematis merupakan pemahaman menggunakan konsep-konsep dasar yang berkaitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep esensial matematis melalui pembelajaran aktif pada mata kuliah statistika meningkat, dan melalui pembelajaran aktif, keterampilan proses mahasiswa berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep esensial matematis, yaitu sebesar 91,8%.

Published

2017-05-17

How to Cite

Fasha, E. F. (2017). PEMAHAMAN KONSEP ESENSIAL MATEMATIS MELALUI BELAJAR AKTIF PADA MATA KULIAH STATISTIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 60–67. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/106