Implementasi Convention On The Rights Of The Child Dalam Aksi Kemanusiaan UNICEF (United Nations Children’s Fund) Pada Perang Ukraina-Rusia 2022

Authors

  • Friska Nur Karomah Universitas Peradaban
  • Agung Triyatno Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Peradaban

Keywords:

Aksi Kemanusiaan, UNICEF Ukraina, Konvensi Hak Anak, Anak-anak, Perang

Abstract

Penelitian ini berisikan mengenai aksi kemanusiaan UNICEF (United Nations Children's Fund) berdasarkan konvensi hak anak pada Perang Ukraina-Rusia tahun 2022. Aksi kemanusiaan menjadi inti dari mandat UNICEF dalam mewujudkan hak setiap anak. Dalam melakukan aksi kemanusiaan untuk anak-anak di Ukraina, UNICEF menggunakan aturan dasar Konvensi Hak Anak. Konvensi tersebut merupakan puncak pengakuan hak-hak anak dan status khusus sebagai keharusan yang mengikat secara hukum.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian eksploratif dan pengumpulan data melalui data sekunder yang diperoleh dari penelitian literatur, dalam hal ini buku, artikel, internet, dan website resmi UNICEF Ukraina tersedia dan dapat dijadikan referensi dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian ini menggunakan konsep aksi kemanusiaan untuk menjelaskan objek penelitian. Hasil penelitian ini yakni UNICEF (United Nations Children's Fund) telah menyalurkan berbagai bantuan untuk meningkatkan program pemulihan jiwa kepada anak-anak dengan mengembangkan program-program kesehatan, air dan sanitasi, pendidikan dan perlindungan hak-hak anak.

Published

2023-09-04