Komunikasi Politik Ridwan Kamil dalam Membangun Personal Branding di Media Sosial: Pendekatan Semiotik
Keywords:
Personal Branding, Instagram, Semiotika Ferdinand de SaussureAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis personal branding Ridwan Kamil dalam membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam menganalisis postingan Instagram @ridwankamil pada 8 konsep personal branding peter montoya dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinan de Saussure yang dimana suatu sistem tanda dan setiap tanda tersebut terdiri dari 2 komponen yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil Penelitian ini pada akun Instagram @ridwankamil melakukan personal branding dalam membangun komunikasi politiknya ini. 1) spesialisasi (The law of specialization), 2) kepemimpinan (The Law of Leadership), 3) kepribadian (The Law of Personality), 4) perbedaan (The Law of Distinctiveness), 5) visibilitas (The Law of Visibility), 6) kesatuan (The Law of Unity), 7) keteguhan (The Law of Persistence), dan 8) Nama baik (The Law of Goodwill) menerima penghargaan,