Komunikasi Politik Ridwan Kamil dalam Membangun Personal Branding di Media Sosial: Pendekatan Semiotik

Authors

  • Irna Nur Fitriyani Universitas Peradaban

Keywords:

Personal Branding, Instagram, Semiotika Ferdinand de Saussure

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis personal branding Ridwan Kamil dalam membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam menganalisis postingan Instagram @ridwankamil pada 8 konsep personal branding peter montoya dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinan de Saussure yang dimana suatu sistem tanda dan setiap tanda tersebut terdiri dari 2 komponen yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil Penelitian ini pada akun Instagram @ridwankamil melakukan personal branding dalam membangun komunikasi politiknya ini. 1) spesialisasi (The law of specialization), 2) kepemimpinan (The Law of Leadership), 3) kepribadian (The Law of Personality), 4) perbedaan (The Law of Distinctiveness), 5) visibilitas (The Law of Visibility), 6) kesatuan (The Law of Unity), 7) keteguhan (The Law of Persistence), dan 8) Nama baik (The Law of Goodwill) menerima penghargaan,

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Nur Fitriyani, I. . (2023). Komunikasi Politik Ridwan Kamil dalam Membangun Personal Branding di Media Sosial: Pendekatan Semiotik: Array. Jurnal Komunikasi Peradaban, 1(1), 9–18. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jkp/article/view/1343