Pola Komunikasi Dosen Pembimbing dengan Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Masa Pandemi (Studi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban)

Authors

  • Yulia Damayanti Universitas Peradaban

Keywords:

Interaksi Simbolik, Dosen Pembimbing, Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi dosen pembimbing dengan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Locus penelitian ini dilakukan di Universitas Peradaban Jawa Tengah tepatnya pada program studi Ilmu Komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian bisa dijelaskan bahwa pola komunikasi dosen pembimbing sangat berpengaruh bagi mahasiswa meskipun minimnya mahasiswa dalam menganalisis data atau mencari referensi yang mendukung sesuai dengan penelitian mahasiswa. Maka dari itu, pentingnya dosen pembimbing dengan mahasiswa skripsi menjalin hubungan baik dengan tetap melakukan komunikasi dan pentinnya memanejemen waktu bimbingan dalam penyelesaian tugas akhir di masa pandemi.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Damayanti, Y. (2023). Pola Komunikasi Dosen Pembimbing dengan Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Masa Pandemi (Studi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban): Array. Jurnal Komunikasi Peradaban, 1(1), 19–28. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jkp/article/view/1347