ANALISIS SALURAN PEMASARAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
MARKETING CHANNEL ANALYSIS OF POTATO (Solanum tuberosum L.) IN PANDANSARI VILLAGE, PAGUYANGAN DISTRICT, BREBES REGENCY
DOI:
https://doi.org/10.30812/jpp.v2i1.1160Keywords:
Kentang, Saluran Pemasaran, Margin PemasaranAbstract
Kentang merupakan komoditas unggulan yang dibudidayakan di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran berdasarkan margin pemasaran kentang Di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara langsung melalui kuisoner terhadap responden petani dan lembaga pemasaran kentang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat pola saluran pemasaran Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, yaitu : Saluran Pemasaran I : Petani - Tengkulak - Pedagang Besar - Pedagang Kecil - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir, Saluran Pemasaran II : Petani - Tengkulak - Pedagang Besar - Pedagang Kecil - Konsumen Akhir, Saluran Pemasaran III : Petani - Pedagang Besar - Pedagang Kecil - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir, Saluran Pemasaran IV : Petani - Pedagang Besar - Pedagang Kecil - Konsumen Akhir. Saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran dengan margin terendah yaitu Rp 3.500/Kg sehingga menjadi saluran yang paling efisien.