PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN HEWAN TERNAK KAMBING JAWARANDU DI PASAR WAGE, KECAMATAN BUMIAYU, KABUPATEN BREBES

The Influence of Consumer Behavior in Purchasing Jawarandu Goats in Wage Market, Bumiayu Sub-District, Brebes District

Authors

  • Irfan Safii Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban. Jl. Raya Pagojengan KM. 3 Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes 52276
  • Khusnul Khatimah Universitas Peradaban
  • Intan Kirana Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban. Jl. Raya Pagojengan KM. 3 Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes 52276

Abstract

Pasar Wage Bumiayu merupakan sentra pasar hewan terbesar di Kabupaten Brebes yang menjual hewan ternak termasuk kambing Jawarandu. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu, Brebes baik secara simultan maupun parsial. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu. Faktor budaya, sosial, dan psikologis secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kambing Jawarandu di Pasar Wage Bumiayu.

Kata kunci: Kambing Jawarandu, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2024-07-31