Perekam Data Intensitas Cahaya, Suhu, dan Kelembapan Udara Berbasis IoT (Internet of Things) Menggunakan ESP32 dan MQTT (Message Queuing Telemetry Transport)

Authors

  • Yusuf Yudhistira

Keywords:

pencatat data, IoT, suhu, kelembapan, intensitas cahaya, mqtt

Abstract

Penggunaan data pengamatan yang valid dan real-time merupakan kunci penting dalam keberhasilan suatu budidaya/produksi. Untuk mewujudkan data tersebut, diperlukan perekam data (data logger) dengan kinerja yang bagus. Penelitian ini membuktikan bahwa peralatan perekam data berbasis IoT (Internet of Things) dengan mengunakan pengontrol mikro ESP32, sensor suhu/kelembapan udara Bosch BME680, dan sensor intensitas cahaya Adafruit GA1A1S202WP dapat dibuat dan menjadi peralatan perekam data berbasis IoT yang handal. Hasil pemindaian sensor dikirim kepada server data menggunakan protokol MQTT (Message Queuing Telemetry Transport).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Yudhistira, Y. (2021). Perekam Data Intensitas Cahaya, Suhu, dan Kelembapan Udara Berbasis IoT (Internet of Things) Menggunakan ESP32 dan MQTT (Message Queuing Telemetry Transport): Array. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 2(2), 45–48. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/1011

Most read articles by the same author(s)