Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall

Authors

  • Dimas Febri Kuncoro Universitas Harapan Bangsa
  • Ulan Juniarti Universitas Harapan Bangsa
  • Jessa Syahputra Universitas Harapan Bangsa
  • R Bagus Bambang Sumantri Universitas Harapan Bangsa
  • Riska Suryani Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58436/jsitp.v3i2.1259

Abstract

Dalam era globalisasi seperti saat ini, perkembangan suatu teknologi informasi berkembang dengan cepat dan signifikan di berbagai aspek kehidupan, meliputi bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Dalam bidang pemerintahan pengelolaan data yang cepat, akurat, dan efisien diperlukan untuk menunjang dan mempermudah proses kerja dalam melayani masyarakat. Website merupakan salah satu opsi yang dapat digunakan untuk proses pengaduan masyarakat kepada lembaga pemerintahan. Perancangan sistem pengaduan masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasi secara mudah dan cepat. Hasil perancangan website akan digunakan sebagai media untuk proses pengaduan masyarakat dan responsive yang cepat dari lembaga pemerintahan. Metode yang digunakan dalam perancangan website adalah metode waterfall yang termasuk dalam salah satu metode SDLC (Software Development Life Cycle) yang terdiri dari beberapa tahapan mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan dukungan. Hasil perancangan website adalah implementasi langsung ke internet melalui web hosting. Perancangan website diharapkan dapat menjadi solusi atas lamanya proses pengaduan masyarakat kepada lembaga pemerintahan.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Kuncoro, D. F., Juniarti, U., Syahputra, J., Sumantri, R. B. B., & Suryani, R. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 3(2), 14–19. https://doi.org/10.58436/jsitp.v3i2.1259