Aplikasi Registrasi Izin Usaha Mikro Kecil pada Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berbasis Prgressive Web Apps (PWA)

Authors

  • Rizki Rizki Universitas Indraprasta PGRI
  • Nandang Suwela Universitas Indraprasta PGRI
  • Retna Ningsih Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58436/jsitp.v3i2.1283

Abstract

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini untuk memberikan kemudahan bagi pemilik usaha dalam mengurus izin usaha mikro dan kecil agar penyampaian informasi yang didapat lebih cepat, efektif dan efisien, membantu dalam menghasilkan laporan yang tepat dan akurat, menghindari sistem manual, menghindari penyimpanan dalam bentuk arsip dan dapat membantu menghindari hilangnya data perizinan usaha mikro kecil. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu research and development dalam penyelesaian permasalahan tersebut, dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu yaitu Unified Modeling Language (UML) serta dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Prepocessor (PHP) yang berbasis Progressive Web Apps (PWA) dengan Visual Code dan database PostgreSQL menggunakan pgAdmin 4. Hasil dari penelitian ini adalah  adanya perancangan sistem registrasi izin usaha mikro kecil dapat mempermudah petugas dalam mengelola data izin usaha yang tersimpan didalam basis data dan sekarang banyak pemilik usaha yang sudah mengantongi izin usaha mikro kecil.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Rizki, R., Suwela, N., & Ningsih, R. (2022). Aplikasi Registrasi Izin Usaha Mikro Kecil pada Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berbasis Prgressive Web Apps (PWA). Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.58436/jsitp.v3i2.1283