Sistem Pakar Menentukan Gaya Belajar Anak dengan Metode Rule Based Reasoning dan Fordward Chaining pada SD Negeri 02 Mereng Kabupaten Pemalang

Authors

  • Sarif Surorejo
  • Alzam Habibie

Keywords:

gaya belajar, sistem pakar, rulebased reasoning, forward chaining

Abstract

Gaya belajar setiap individu merupakan keunikan yang dimiliki seseorang untuk memudahkan dirinya dalam proses belajar. Dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah-sekolah saat ini, metode pembelajaran yang diterapkan pada anak atau siswa masih disamakan seperti lebih sering melakukan kegiatan membaca dan menulis di dalam kelas sehingga kurang efektif bagi siswa dengan gaya belajar tertentu, seperti yang terjadi pada SDN 02 Mereng Kabupaten Pemalang, maka diperlukan suatu teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan berupa sistem pakar untuk memudahkan anak-anak atau siswa dalam mengetahui gaya belajarnya sendiri untuk proses belajar yang lebih efisien. Perancangan sistem pakar ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Unified Modeling Language (UML). Metode perhitungan yang digunakan adalah rule based reasoning dan forward chaining. Melalui perancangan sistem pakar ini diharapkan dapat memudahkan guru untuk mengetahui gaya belajarnya peserta didiknya sehingga metode mengajar dapat dipilih dan disesuaikan dengan mudah serta hasil pembelajaran menjadi lebih efektif.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Surorejo, S., & Habibie, A. (2021). Sistem Pakar Menentukan Gaya Belajar Anak dengan Metode Rule Based Reasoning dan Fordward Chaining pada SD Negeri 02 Mereng Kabupaten Pemalang: Array. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 2(1), 13–21. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/754