PENERAPAN ALGORITMA K-MODES DAN C4.5 UNTUK PREDIKSI PEMILIHAN JURUSAN DI UNIVERSITAS PERADABAN PADA SISWA SMA (Studi Kasus: SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu)

  • Afif Fauzi Universitas Peradaban
  • Nurul Mega Saraswati Universitas Peradaban
  • Rito Cipta Sigitta Hariyono Universitas Peradaban
Keywords: Prediction, College, Majors, K-Modes algorithm, C 4.5 algorithm, confusion matrix

Abstract

Banyak siswa kelas XII saat ini yang memiliki kecenderungan bahwa mereka belum mengetahui secara pasti minat dan bakatnya serta kelak akan memilih jurusan kuliah dibidang apa selepas masa SMA-nya nanti. Beberapa kasus dalam kurang tepatnya memilih jurusan kuliah yang kurang sesuai dengan kemampuan atau keahlian, maupun minat dan bakat mahasiswa dapat mempengaruhi proses pembelajaran nantinya dibangku perkuliahan. Hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan mahasiswa tersebut di dalam suatu jurusan kuliah yang dipilihnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu metode yang dapat memberikan prediksi jurusan pada siswa. Penulis bermaksud untuk mengimplementasikan metode dari Data Mining yaitu Algoritma K-modes dan Algoritma C4.5 sebagai metode untuk menggali potensi siswa dalam memilih jurusan berdasarkan nilai akademik dari siswa tersebut. Berdasarkan pengujian menggunakan confusion matrix terhadap 158 record data nilai siswa-siswi kelas XII SMA Islam Taallumul Huda Bumiayu angkatan 2018/2019 diperoleh akurasi sebesar 87,50% dengan predikat good classification

Published
2020-12-30