PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA YANG TINGGAL DIRUMAH BERSAMA KELUARGA DI MI TAMRINUSSIBYAN I AL- HIKMAH BENDA

Penulis

  • Sintia Kurniawati Universitas Peradaban
  • Ujang Khaerusaleh Universitas Peradaban

Kata Kunci:

Kemandirian Emosi, Santri Pondok Pesantren, di Rumah Bersama Keluarga

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemandirian emosi siswa yang tinggal di pondok pesantren
dan siswa yang tinggal di rumah bersama keluarga kemandirian emosi telah di buktikan
fenomena yang ada diantaranya, siswa yang memiliki kemandirian emosi. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian survei sekaligus komperatif Teknik
analisis data yang di pakai adalah uji t (Independent sampel tets). Tujuan untuk mengetahui
perbedaan signifikan kemandirian emosional di tinjau dari siswa yang tinggal di pondok
pesantren, dansiswa yang tinggal dirumah bersama keluarga di MI Tamrinussibyan I Al-Hikmah
Benda. Hasil penelitian menunjukan analisis data di peroleh nilai t Sig sebesar 0,000, yang
artinya lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan total kuisioner nilai mean siswa yang
tinggal di pondok pesantren mendapatkan nilai sebesar 228,34, dan nilai mean dari siswa yang
tinggal di rumah mendapatkan nilai sebesar 196,30. Artinya kemandirian emosional siswa yang
tinggal di pondok pesantren lebih unggul dibandingkan siswa yang tinggal di rumah.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Kurniawati, S., & Khaerusaleh, U. (2023). PERBEDAAN KEMANDIRIAN EMOSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA YANG TINGGAL DIRUMAH BERSAMA KELUARGA DI MI TAMRINUSSIBYAN I AL- HIKMAH BENDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 36–47. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1685