PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONTROL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Buku Pendamping, Pendidikan Moral, Self ControlAbstrak
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya ketersediaan buku pendamping yang menarik dan
rendahnya kemampuan Self Control siswa. Sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan buku pendamping berbasis pendidikan moral untuk meningkatkan kemampuan
Self Control siswa. Jenis penelitian ini ialah Research and development (R&D) menggunakan model
pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Mauhibul
Athfal dan MI Hidayatul Athfal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan
observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian diperoleh (1) Buku pendamping berbasis pendidikan moral layak dan valid
digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 88 dengan kategori sangat layak, ahli materi
sebesar 94,67 dan respon siswa sebesar 98,95 dengan kategori sangat layak. (2) hasil uji-t
menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat
perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku pendamping berbasis pendidikan moral. Maka
dapat dikatakan bahwa buku pendamping berbasis pendidikan moral mampu meningkatkan
kemampuan self control siswa.