SURVEI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARIMOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI DI DESA SURUSUNDA

Penulis

  • Briliana Rifahma Fauzi Universitas Peradaban
  • Winarto Winarto Universitas Peradaban

Kata Kunci:

Survei, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Siswa SD/MI

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar
siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar
terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SD/MI di Desa Surusunda. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei sampel. Pengambilan sampel
menggunakan Teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes
dan angket, kemudiandianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi belajar (X) dan kemampuanberpikir kritis (Y).
Hal ini dibuktikan dengan sig 0,000 < 0,05 dan besarnya korelasidapat dilihat dari nilai koefisien
korelasi (R) sebesar 0,869 dan memiliki nilai positifsehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Tingkat
hubungan tersebut sangatkuat dan bersifat searah/ positif.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Fauzi, B. R., & Winarto, W. (2023). SURVEI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARIMOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI DI DESA SURUSUNDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 75–85. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1688