EFEKTIVITAS MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU

Penulis

  • Putri Sajita Firjinia Unibersitas Peradaban
  • Yuni Suprapto Universitas Peradaban

Kata Kunci:

TGT, Keterampilan sosial, SD

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya keterampilan sosial siswa SD islam
Ta’allumul Huda Bumiayu. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektifitas model TGT dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa SD Islam Ta’allumul Huda
Bumiayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one
group preetest postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Ta’allumul
Huda Bumiayu dengan sampel kelas VA yang berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukan
menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui
dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Metode yang dipakai untuk menganalisis data
ialah uji Paired-Sampel T-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Postest ˃
Preetest 59,78 ˃ 47,35 maka diterima dan 0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model
TGT efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Firjinia, P. S., & Suprapto, Y. (2023). EFEKTIVITAS MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 108–117. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1692