ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 4 SDN SRIDADI02 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Riki Agus Subagya Universitas Peradaban
  • Diyah Ayu Retnoningsih Universitas Peradaban

Kata Kunci:

kesulitan guru, kurikulum merdeka, pembelajaran matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan apa saja yang guru hadapi pada proses
implementasi kurikulum merdeka pembelajaran matematika di sekolah dasar khususnya pada kurikulum
merdeka yang baru diterapkan belum lama di kelas 4 dan bagaimana solusi yang ditawarkan terkait
kesulitan yang dihadapi oleh guru pada proses pembelajaran matematika, kesulitan pada perencanaan
pembelajaran matematika dan penilaian pembelajaran matematika kurikulum merdeka belajar di sekolah
dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan
adalah pengalaman langsung atau fenomenologi. Subjek penelitian yaitu guru kelas 4 sekolah dan kepala
sekolah SDN Sridadi 02. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur, observasi
dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan triangulasi data. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan
juni-pertengahan agustus . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitanyang dialami guru
dalam pembelajaran matematika yang meliputi: 1) Kesulitan perencanaan pada pelajaran matematika; 2)
kesulitan guru dalam pembelajaran matematika yang dipengaruhi kurang minatnya siswa pada
pembelajaran matematika 3) Kesulitan Guru dalam Penilaian autentik pada pembelajaran matematika 4)
penggunaan modul ajar yang kurang efektif untuk pembelajaran matematika, dan 5) guru kesulitan
mengembangkan materi yang ada dalam buku.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Subagya, R. A., & Retnoningsih, D. A. (2023). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 4 SDN SRIDADI02 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 265–276. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1704