PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUANMEDIA COLOUR BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS 4 SDN KALIWADAS 03
Kata Kunci:
Teams games tournament, Colour board, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa pada materi pembagian yaitu 55,58,
berdasarkan hasil data nilai dari 24 siswa, terdapat 9 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKTP yaitu 64
dan sisanya mendapatkan nilai dibawah KKTP yaitu 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh dan peningkatan model Teams Games Tournament berbantuan media colour
board terhadap hasil belajar materi pembagian siswa kelas 4 SDN Kaliwadas 03. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design, populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa SDN Kaliwadas 03, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dan sampel
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 4 SDN Kaliwadas 03. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear
sederhana dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Teams
Games Tournament berbantuan media colour board terhadap hasil belajar. Pada uji regresi linear
sederhana diperoleh rhitung 3,933, artinya besar pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan
media colour board terhadap hasil belajar materi pembagian siswa kelas 4 SDN Kaliwadas 03. Uji paired
sample t test diperoleh thitung 5,963, artinya ada peningkatan model Teams Games Tournament berbantuan
media colour board terhadap hasil belajar materi pembagian siswa kelas 4 SDN Kaliwadas 03.